Friday, July 20, 2007

berapa sih umur madu ??

pertanyaan yang sering sekali ditanyakan konsumen.. dan kami sendiri juga bingung bagaimana menjawabnya..

beberapa produk madu yang beredar di pasaran memberikan expired date 3 - 5 tahun. Dari Dian Niaga Jakarta sendiri memberikan "masa terbaik" bukan masa kadaluarsa 1 tahun dari masa produksi.

pada waktu kami berkunjung ke M-Brio, salah satu laboratorium makanan, dan disana terdapat salah satu jenis analisa, shelf life. Kami sedang menunggu penawaran dari mereka mengenai biaya dan bagaimana proses nya.

dari informasi yang didapat dari website resmi NHB (national honey board) www.honey.com

"Does honey have an expiration date?

Honey stored in sealed containers can remain stable for decades and even centuries! However, honey is susceptible to physical and chemical changes during storage; it tends to darken and lose its aroma and flavor or crystallize. These are temperature-dependent processes, making the shelf life of honey difficult to define. For practical purposes, a shelf life of two years is often stated. Properly processed, packaged and stored honey retains its quality for a long time.

If in doubt, throw it out, and purchase a new jar of honey!"

kalau informasi dari beberapa rekan di Kalimantan memang madu hutan mereka ada yang setelah panen disimpan dalam tempat penampungan dan ditutup rekat. Kalau ada acara adat yang cukup penting baru madu hutan tersebut dibuka dan dijadikan hidangan pembuka. itupun paling tidak madu hutan sudah disimpan lebih dari 5 tahun..

so tunggu hasil kita coba untuk madu hutan kita test shelf life nya, nanti akan kita posting lagi.

No comments: