Tuesday, July 24, 2007

jenis sarang lebah hutan

lebah hutan mempunyai beberapa jenis sarang yang berbeda beda satu dengan daerah lainnya. Biasanya mereka akan tinggal di dahan-dahan pohon atau bergelantungan di batu batu karang.

dari beberapa daerah di rekan-rekan komunitas petani madu anggota JMHI, terdapat 3 jenis sarang yang biasanya digunakan oleh lebah hutan.

Lalau merupakan sarang lebah hutan yang berada di dahan pohon dengan ketinggian berkisar dari 20 – 50 m. Terkadang pada satu pohon terdapat hampir 50 koloni lebah hutan. Kepemilikan sarang berdasarkan kepemilikan pohon. Kalau pohon lalau dirawat dan terjaga biasanya koloni lebah hutan akan kembali membuat sarang di musim berikutnya. Pohon Lalau juga dilindungi oleh hukum adat.

Tikung merupakan pengembangan yang didapat setelah beberapa masyarakat petani madu hutan mengadakan studi banding ke Vietnam. Sarang berada di dahan buatan yang dipersiapkan untuk menjadi sarang lebah hutan. Kepemilikan tikung berdasarkan pada pemilik pohon tikung. Mereka tergabung dalam kelompok Periau.

Repak adalah Sarang berada di dahan pohon, biasanya hanya terdiri dari 1 koloni saja. Kepemilikan berdasarkan pada penemu pertama pohon repak. Koloni lebah tidak selalu kembali pada musim berikutnya.

No comments: