Friday, July 20, 2007

madu fermentasi dari belitung

kemarin rekan kita ada yang baru saja berkunjung ke pulau Belitung. Tidak lupa membawakan oleh-oleh madu (hutan?) dari sana. "madu beli di toko tadi waktu mampir" kata Pak Rudi.

madu berwarna coklat, dengan bagian permukaan berbuih, dan pollen nampak timbul diantar buih. kemasan dalam botol marjan ukuran 650 ml. percobaan pertama yang standar dilakukan pada waktu menerima madu, test kadar air dengan menggunakan refraktometer. hmm.. kadar air 29%, sangat tinggi..

yang kedua adalah test bau.. didekatkan ke hidung bau asam terasa sekali, hampir seperti bau alkohol walau lebih ringan.."ada kemungkinan madu sudah fermentasi nih" ujarku.

test yang ketiga adalah test rasa.. rasa asam seperti tape berasa sekali pertanda memang madu yang dibawa sudah mengalami fermentasi..asem dan kecut..

sedih juga melihat kondisi ini.. beberapa penjual madu mengklaim bahwa madu mereka asli, murni. tapi melihat kondisi madu yang baru saja kita test, orang awan yang terlanjur membeli madu seperti tadi untuk oleh oleh atau dipakai sendiri bakalan merasa kecewa. dan secara tidak sadar mereka akan menuduh bahwa semua madu yang berasal dari daerah tersebut mempunyai kualitas yang sama.

so, buat semua rekan rekan yang menjual madu, entah madu hutan maupun madu ternak.. jaga kualitas madu yang kita jual, jangan asal jual dapat uang dan tidak memperdulikan effek negatif yang kita berikan apabila menjual madu yang kurang bagus.

No comments: